Thursday, May 24, 2012

Sistem & Mekanisme Perlombaan KRI

Sistem Pertandingan :
  • Setiap tim harus membuat satu robot manual, satu robot otomatis dan satu robot Kolektor.
  • Robot Manual harus dapat dinaiki oleh operator
  • Berat total robot tidak boleh melebihi 50 kg,
  • Batas tegangan catudaya tidak melebihi 24 V.
  • Tim Yang Bertanding : TIM BIRU DAN TIM MERAH

Lapangan & Kelengkapannya :

  • Ukuran lapangan 13000 mm x 13000 mm,berbentuk persegi, dikelilingi dinding kayu setinggi 100 mm dan tebal 50 mm, terbagi dua bagian yang dipisahkan dengan kayu setinggi 100 mm dan tebal 50 mm masing-masing untuk tim Merah dan tim Biru yang bertanding.
  • Arena lapangan pertandingan terdiri dari Manual Robot Zone, Automatic Robot Zone, Start zone, re-Start zone, Common Zone, Loading zones dan an Island.
  • Diatas automatic robot zone terdapat garis putih setebal 30 mm dari bahan sticker matt, sisi dalam segiempat yang terbentuk berukuran 470 mm. Automatic dan manual zone dipisahkan dengan kayu setinggi 100 mm dan tebal 50 mm.

  • Common Zone berbentuk segiempat berukuran 500 mm x 1985 mm, setinggi 100 mm, berwarna kuning.
  • Dipermukaannya terdapat dua buah lubang berbentuk lingkaran berdiameter 452 mm sedalam 12 mm.
  • Dua buah basket diletakkan diatas kedua lubang ini.
  • Setiap tim hanya boleh mengambil satu buah basket saja.
  • Basket berdiameter 450 mm dengan tinggi 400 mm, dengan berat sebesar 2,85 kg.

  • The Island merupakan sebuah box berbentuk segiempat, diatasnya terdapat “the bun tower”..
  • The Tunnel (terowongan) terdapat dalam manual robot zone, bagian dalamnya berukuran panjang 2040 mm dan lebar 1200 mm. Bagian atas berbentuk lengkungan dengan titik tertinggi berjarak 1600 mm dari lantai. Disisi tunnel terdapat sebuah Token-box berukuran 100 mm x 400 mm sebagai tempat untuk dimasukkan token.
  • Token berupa lempengan berbentuk lingkaran berdiameter 300 mm setebal 20 mm, dan berat 170 gram, terbuat dari “low density polystyrene”. Token diletakkan diatas Token Stand yang terdapat didalam manual robot zone.
  • The Bridge merupakan bagian berbentuk trapesium dengan panjang 3500 mm, lebar 1970 mm dan tinggi 300mm. The Bridge berada didalam automatic robot zone.
  • Dalam manual robot zone dan automatic robot zone terdapat pembatas dari kayu berukuran tinggi 100 mm dan tebal 50 mm, yang mengharuskan robot bergerak zig-zag melewati sisi pembatas tersebut.

Alur Pertandingan :
  • Operator robot manual naik keatas robot manual sebelum lomba dimulai.
  • Operator mengatur navigasi robot manual dimulai dari starting point M menuju ke Token Stand, mengambil Token, kemudian menuju ke tunnel.
  • Sebelum masuk, robot manual memasukkan token kedalam token-box tanpa menyentuh token-box.
  • Setelah Token dimasukkan kedalam token-box, Robot Otomatis boleh di start.
  • Robot manual bergerak melalui tunnel, menuju start point C dimana collector robot berada, dan mengangkat serta membawa collector robot sampai diatas loading Area 1, kemudian memindahkannya ke atas automatic robot.
  • Setelah Token dimasukkan kedalam token-box, Robot Otomatis boleh di start untuk mengambil satu basket yang berada didalam common-zone, dan memindahkan nya ke dalam manual robot zone.
  • Robot manual mengambil basket yang ditinggalkan oleh robot otomatik didalam manual zone, menuju ke island, dan meletakkan basket diatas island pada posisi yang telah ditentukan.
  • Robot Otomatis membawa Collector robot melewati bridge dan meletakkan nya diatas loading zone L2 atau loading zone L3.
  • Robot Otomatis dapat meletakkan Collector robot diatas loading zone L2 atau Loading Zone L3.
  • Apabila diletakkan diatas loading area L2, Collector robot dapat bergerak meninggalkan robot otomatik dan memanjat sendiri keatas Island. Kemudian mengambil buns berwarna kuning dan hijau dari bun tower, lalu memasukkan nya kedalam basket.
  • Apabila diletakkan diatas loading zone L3, Collector robot dapat diangkut oleh manual robot menuju ke island dan meletakkan Collector robot keatas island. Kemudian Collector robot mengambil buns berwarna kuning dan hijau dari bun tower, lalu memasukkannya kedalam basket.
  • Setelah itu, robot manual boleh mengangkat collector robot keatas untuk mengambil buns berwarna ungu dan memasukkannya kedalam basket.
  • Tim yang pertama berhasil memasukkan buns ungu kedalam basket, disebut mencapai “Peng On Dai Gat”, langsung dinyatakan sebagai Pemenang, dan pertandingan dihentikan.
  • Jika dalam 3 menit tidak ada yang mencapai “Peng On Dai Gat”, maka pemenang akan ditentukan dari jumlah nilai point yang berhasil dikumpulkan dari tugas yang berhasil diselesaikan oleh robot.
  • Tim yang mengumpulkan nilai tertinggi dinyatakan sebagai pemenang.

Aturan Dasar :
  • Masing‐masing tim hanya boleh membuat satu buah Manual Robot, satu buah Automatic Robots dan satu buah Robot Collector.
  • Manual Robot dikendalikan oleh seorang operator, dan operator harus duduk diatasnya.
  • Masing-masing Robot diletakkan diatas Start-Zone.
  • Manual robot dijalankan menuju “The Token Stand”, mengambil “Token” dan membawa nya ke “Tunnel”.
  • Token dimasukkan kedalam “Token Box”.
  • Automatic Robot Mengambil “Basket” dr dlm “Common Zone” dan meletakkannya dalam area “Manual Robot Zone”

Catatan :
Juara kontes Nasional KRI-2012 akan mewakili Indonesia dalam ABU Robocon 2012 yang dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2012 di Hong Kong, China, dan menerima piala bergilir Kontes Robot Indonesia Sambhawana Pratimacala.

No comments:

Post a Comment