Retry :
- Untuk setiap tim peserta, kesempatan retry diberikan bebas dengan ketentuan sebagai berikut:
a) Bagi tim yang meminta retry pada saat posisi robot didalam ZONA MULAI retry dimulai dari ZONA MULAI dan nilai bonus yang telah diperoleh pada daerah itu hilang.
b) Bagi tim yang meminta retry pada saat posisi robot didalam ZONA AWAL, retry dimulai dari ZONA AWAL dan nilai bonus yang telah diperoleh pada ZONA AWAL hilang.
c) Bagi tim yang meminta retry pada saat posisi robot di ZONA TENGAH, retry dilakukan di ZONA TENGAH dan nilai bonus yang telah diperoleh pada ZONA TENGAH hilang.
d) Bagi tim yang meminta retry pada saat posisi robot di ZONA AKHIR, retry dilakukan dari ZONA AKHIR nilai bonus yang telah diperoleh pada ZONA AKHIR hilang.
e) Bagi tim yang meminta retry pada saat posisi robot di ZONA TUTUP, retry dilakukan dari ZONA TUTUP dan nilai bonus yang telah diperoleh pada ZONA TUTUP hilang.
- Jika robot keluar dari arena, maka harus dilakukan retry sesuai dengan zona yang ditinggalkan.
- Jika robot terjatuh, maka robot harus dilakukan retry.
- Jika robot tidak bergerak selama 30 detik, maka robot harus dilakukan retry.
- Jika robot menyentuh zona larang, maka robot harus dilakukan retry.
- Jika robot melewati daerah lawan atau diatasnya, maka robot harus dilakukan retry.
- Retry harus diminta oleh anggota tim peserta kepada wasit pengawas lomba lapangan.
- Ketika retry dilakukan, irama musik tidak dihentikan.
Penilaian :
1. Tim Juri akan melakukan penilaian berdasarkan kategori berikut ini
- Kemampuan robot melakukan gerak sembah pambuka, akan mendapatkan nilai dengan rentang nilai 1 hingga 10.
- Kemampuan robot melakukan gerak bacamin dan basiang pada zona awal, akan mendapatkan nilai dengan rentang nilai 1 hingga 10 .
- Kemampuan robot melakukan gerak buai anak dan bungo kambang pada zona tengah, akan mendapatkan nilai dengan rentang nilai 1 hingga 10.
- Kemampuan robot melakukan gerak mangumpo suto dan tupai bagaluik pada zona akhir, akan mendapatkan nilai dengan rentang nilai 1 hingga 10.
- Kemampuan robot melakukan gerak sembah panutuik pada zona tutup, akan mendapatkan nilai dengan rentang nilai 1 hingga 10.
2. Kemampuan robot yang berhasil START secara sinkron dengan irama musik pengiring akan memperoleh nilai tambahan 3.
3. Kemampuan sinkronisasi gerak tarian robot sesuai alunan musik pengiring akan memperoleh nilai tambahan 3.
4. Kemampuan robot melakukan gerak sembah panutuik di zona tutup akan memperoleh nilai tambahan 3.
5. Kemampuan robot yang telah mencapai setiap zona, maka akan mendapat nilai tambah masing-masing 2.
6. Setiap Tim akan mendapatkan nilai total dari kategori pada 8.1.1 s/d 8.1.5, 8.2 s/d 8.5 tersebut diatas.
7. Setiap robot yang melakukan keindahan gerak tari piring, maka robot akan mendapatkan nilai 1 hingga 10 dengan faktor pengali 2.
8. Pemenang setiap sesi lomba ditentukan dari perolehan nilai rerata akhir yang terbaik.
9. Keputusan Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Penalti & Diskualifikasi :
3. Kemampuan sinkronisasi gerak tarian robot sesuai alunan musik pengiring akan memperoleh nilai tambahan 3.
4. Kemampuan robot melakukan gerak sembah panutuik di zona tutup akan memperoleh nilai tambahan 3.
5. Kemampuan robot yang telah mencapai setiap zona, maka akan mendapat nilai tambah masing-masing 2.
6. Setiap Tim akan mendapatkan nilai total dari kategori pada 8.1.1 s/d 8.1.5, 8.2 s/d 8.5 tersebut diatas.
7. Setiap robot yang melakukan keindahan gerak tari piring, maka robot akan mendapatkan nilai 1 hingga 10 dengan faktor pengali 2.
8. Pemenang setiap sesi lomba ditentukan dari perolehan nilai rerata akhir yang terbaik.
9. Keputusan Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Penalti & Diskualifikasi :
- Jika dalam gerakan tariannya robot atau bagian robot diukur secara vertikal masuk ke daerah/arena pasangannya, akan dikenakan penalti, untuk sepuluh detik pertama akan dikenakan pengurangan nilai 3 sedangkan untuk tiap 5 detik pelanggaran berikut nya, tim akan dikenakan pengurangan nilai sebesar 5.
- Jika dalam gerakan robot, robot menyentuh daerah terlarang tim akan dikenakan pinalti dengan pengurangan nilai 3.
- Tim peserta yang telah melakukan pinalti 5 kali dikenakan diskualifikasi.
- Tim peserta yang menyentuh robot setelah pertandingan dimulai dapat dikenakan diskualifikasi kecuali dalam masa Retry.
- Jika robot masuk ke daerah pasangannya dan menyentuh robot pasangannya, maka tim tersebut akan dikenakan diskualifikasi.
- Jika Tim peserta tidak mengikuti arahan wasit dan/atau juri dapat dikenakan diskualifikasi.
- Tim peserta yang bertindak tidak sesuai dengan “spirit of fair play”, dapat dikenakan diskualifikasi.
Catatan :
Dalam merancang dan membuat robot, tim peserta wajib memperhatikan faktor-faktor keamanan dan faktor keselamatan bagi operator maupun bagi petugas yang bertugas mengawasi lomba tersebut.
No comments:
Post a Comment